Tentang Teratai Tunjung Indonesia

Perguruan Silat Nasional ( PSN ) Teratai Tunjung

Teratai Tunjung LawangPerguruan Silat Nasional TERATAI TUNJUNG merupakan lembaga beladiri yang bertujuan melestarikan, mengembangkan budaya luhur warisan nenek moyang khususnya silat. Menyadari arti daripada silat sebagai seni beladiri, juga merupakan cabang olah raga maka sebagai generasi muda kita wajib untuk melestarikan serta memasyarakatkan seni beladiri silat tersebut.

Untuk itulah Perguruan Silat Nasional TERATAI TUNJUNG yang berpusat di Malang berkeinginan untuk turut serta memasyarakatkan seni beladiri silat pada masyarakat.

Cabang seni silat ini, umumnya akan mengundang persepsi masyarakat sebagai olah raga keras yang cenderung diasumsikan sebagai alat untuk menjadi jagoan. Namun sesungguhnya tidak demikian halnya dengan silat TERATAI TUNJUNG.

Perguruan dimaksud adalah merupakan proses merubah perilaku seseorang dapatlah dipahami secara sederhana perguruan adalah tempat menempa orang muda menjadi orang dewasa. Karenanya dalam perguruan tentu ada kurikulum atau sylabus untuk menghantarkan proses tersebut.

Silat di sini kami artikan isi sebagai alat, isi dimaksudkan bukan merupakan ajimat, ajian, susuk, dll. yang dapat menjadikan musrik terhadap Tuhan seru semesta alam. Tetapi isi yang dimaksud adalah esensi yang dimiliki setiap diri manusia secara kodrati dan alami untuk diolah menjadi daya yang hidup serta dapat dipergunakan sebagai alat untuk penyembuhan diri sendiri, pengobatan serta alat bela diri dikala dalam keadaan yang sangat mendesak / terpaksa. Manusia adalah makhluk dimensional multipleks demikian pendapat William Stern, seorang ahli jiwa menyebutkan manusia sebagai unitas multipleks, unitas diartikan manusia terdiri dari dua unsur yaitu jiwa raga merupakan satu kesatuan yang bulat, utuh yang tidak dapat terpisahkan. Multipleks bahwa sebenarnya jiwa raga itu masih terdiri dari berbagai unsur, misal : tangan, kaki, alat indera, kepala, jantung, hati, ginjal, dll. yang semuanya merupakan satu kesatuan  yang bulat dan utuh.

Namun menggali isi itu tidak semudah yang kita bayangkan sekalipun setiap manusia memiliki secara kodrati, agar setiap orang dapat menggali potensi dirinya diperlukan suatu cara-cara tertentu untuk nunggalinya.

Banyak ragam ilmu yang menggali potensi diri dengan berbagai kaidah serta sumbernya. Ada yang dengan berpuasa, bertapa, meluang, patigeni, merendam diri di kolam yang semua cara sebagai suatu cara yang irrasional dan dapat mengundang perbuatan klenik, mistis. Hal yang demikian itu tidak terdapat pada perguruan kami. Karena silat TERATAI TUNJUNG menggali potensi diri dengan cara-cara yang rasional.

Silat TERATAI TUNJUNG adalah tempat menggali potensi diri dan membentuk karekter, mental, sportifitas, kedisiplinan sekaligus dapat menjadi sarana untuk melestarikan seni budaya dna menumbuhkan rasa nasinalisme pada generasi.

Sebagai pelengkap dalam silat TERATAI TUNJUNG juga menambahkan materi yang diharapkan sebagai alat, yakni Tenaga Dalam. Silat TERATAI TUNJUNG mengembangkan metode khusus dalam membangkitkan Tenaga Dalam. Sebagaimana telah dipaparkan bahwa nama TERATAI TUNJUNG adalah simbol Ibu (TERATAI), Bapak (TERATAI laki-laki) yang menjadi perantara dilahirkannya kita di dunia dan secara kodrati potensi itu telah ada pada semua manusia. Namun dalam menggali potensi tersebut tentulah diperlukan seseorang untuk membimbing dan memberikan petunjuk yang memahami tentang tenaga dalam.

Dipilihnya pernafasan untuk dapat membangkitkan tenaga dalam adalah sebuah pilihan yang bijak dari silat TERATAI TUNJUNG bahwa selain membangkitkan potensi diri (Tenaga Dalam) melalui metode pernafasan akan memacu peredaran darah ke seluruh organ tubuh, paru, jantung, otak, juga otot, persendian. Secara otomatis sistem metabolisme akan membaik dari proses pelatihan tersebut stamina, kesehatan dan produktifitaspun akan semakin baik.

Dengan demikian sebagaimana usaha kami silat TERATAI TUNJUNG dalam rangka melestarikan seni budaya, memasyarakatkan olah raga, produktifitas dan masyarakat yang sehat sebagai tujuan perkumpulan TERATAI TUNJUNG.

Salam Teratai Tunjung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s